Minggu, 18 Maret 2012

7 Manfaat Kesehatan Buah Tomat

 

Tomat (Lyopercisum esculentum) adalah tanaman yang paling mudah dijumpai. Warnanya yang cerah sungguh menarik.Tidak hanya rasanya yang asam menyegarkan, tomat juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh. Selama ini, mungkin yang kita tahu tomat hanya baik untuk kesehatan mata. Namun masih banyak keuntungan yang Anda dapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh manfaat kesehatan dari buah oranye kemerahan ini, seperti dilansir Times of India.

1. Antioksidan
Tomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene yang tinggi. Seluruh kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir zat radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Zat radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan Lycopene tingkat tinggi yang terdapat dalam tomat. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar dalam kotak bekal Anda sehari-hari.

2. Mata Sehat
Karena kandungannya akan vitamin A yang begitu besar, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari kemungkinan penyakit rabun senja.

3. Mencegah Kanker
Banyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan Lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker kolorektal (usus besar). Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Dan yang lebih menarik lagi, tomat yang dimasak dapat memproduksi lebih banyak Lycopene daripada tomat mentah. Jadi cobalah rutin mengonsumsi sup tomat!

4. Menguatkan Jantung
Kandungan Kalium dan Vitamin B yang dimiliki tomat dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol tinggi. Zat ini, nantinya bisa membantu Anda mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung yang mematikan lainnya.

5. Kulit Cantik
Tingginya jumlah Lycopene membuat tomat sangat baik digunakan untuk perawatan kulit. Lapisi kulit wajah Anda dengan bagian dalam kulit tomat dan diamkan selama kira-kira 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Wajah akan terlihat bersih dan bersinar seketika.

6. Rambut Sehat
 Masih ingat tentang banyaknya kandungan Vitamin A dalam sebuah tomat? Selain bagus untuk mata, gigi, kulit, dan tulang, Vitamin A juga bagus untuk menjaga rambut Anda tetap kuat dan sehat.

7. Tulang Kuat
Tomat juga memiliki kandungan Vitamin K dan Kalsium yang cukup untuk membantu tulang Anda menjadi lebih kuat.

Sumber : wolipop.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons