Jumat, 09 Maret 2012

Penemuan Hiu Tokek (Bythaelurus giddingsi)

(Bythaelurus giddingsi)


Setelah melewati kurun waktu ekspedisi penelitian mulai tahun 1995, akhirnya pada Senin,05 Maret 2012 Jurnal taksonomi Zootaxa mempublikasikan penemuan spesimen hiu bernama Hiu Tokek (Bahasa Inggris: Catsharks) oleh Ilmuwan John McCosker dari California Academy of Sciences dan Douglas Long seorang kurator senior Museum Oakland di California.

Spesimen ini ditemukan pada kedalaman 1.400-1.900 meter di kedalaman Kepulauan Galapagos dengan menggunakan sumbersible Johnson Sea-Link.

Ukuran hiu tokek dibandingkan hampir sama dengan kucing. Hiu ini dipastikan tidak punya kemampuan memangsa manusia. Biasanya, hiu ini hanya berburu ikan-ikan bertubuh lunak di dasar lautan.

Atas penemuan ini, McCosker, seperti dikutip Discovery, Rabu (7/3/2012), mengatakan, "Penemuan spesies hiu baru selalu menarik,terutama pada saat ketika hiu menghadapi tekanan besar dari manusia.'"

Spesimen hiu ini memiliki habitat yang sangat berbatas sehinggal lebih rentan punah. Nama hiu tokek diambil dari nama Al Giddings, produser film alam yang banyak melahirkan karya di Discovery Channel.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons