Jumat, 17 Februari 2012

Empat Makanan yang Membantu Tetap Fokus

Otak manusia merupakan perangkat yang paling kompleks di dunia. Trilyunan sel otak memiliki fungsi spesifik tetapi saling berhubungan. Mengendalikan seluruh aspek fisik dan psikis manusia. Baik secara sadar maupun tak sadar
Kapasitas penyimpanan memori di dalam otak jauh melebihi kapasitas hardisk komputer terbesar sekalipun. Otak memiliki kemampuan menangani algoritma rumit secara bersamaan dalam jumlah tak terbatas, jauh melebihi kemampuan prosesor komputer tercanggih sekalipun.
Tapi sayangnya manusia tidak mampu mengoptimalkan seluruh potensi otak tersebut. Orang genius se kelas Einsten pun ternyata baru menggunakan kemampuan otaknya tak lebih dari 4%. Bayangkan jika kemampuan otak tersebut digunakan 100%, maka seluruh permasalahan paling rumit di dunia ini bisa diselesaikan oleh seorang manusia saja! 
Dengan potensi yang demikian hebatnya, sudah pasti otak mampu merekam semua kejadian sejak manusia lahir hingga mati. Sehingga kapan saja kita bisa megakses memory tentang sebuah kejadian di masa lalu dengan runut dan lengkap.
Tapi mengapa manusia masih saja sering lupa?. Lupa tentang hal-hal yang baru saja terjadi seperti lupa menaruh kunci kendaraan, lupa mematikan lampu, lupa nama teman yg baru kita kenal,dan lain sebagainya.
Untuk menghindari penurunan ingatan sejak dini, berikut jenis makanan yang dapat membantu anda untuk dapat tetap fokus.
Whole Grains
sarapan dengan menu biji-bijian seperti sereal yang terbuat dari gandung yang dicampur susu atau variasi roti gandum dapat membantu anda untuk tetap fokus sepanjang hari dibanding dengan mengkonsumsi jenis makanan yg hanya kaya karbohidrat.
Sayuran hijau
Sebuah studi 2006 di Neurology menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi dua atau lebih porsi sayuran hijau setiap hari, terbukti lebih fokus seperti 5 tahun di bawah usia mereka. 
Kopi

meski memiliki efek buruk dari kandunan kafeinnya, menurut penelitian di Universitas Barcelona, laki-laki merasa lebih waspada dan terjaga setelah mengkonsumsi kopi. Meski demikian harus diperhatikan jumlah asupan kopi perhari. Batasi konsumsi kopi Anda paling tidak 2-3 cangkir. 

Permen karet

Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama menjalankan tugas yang membutuhkan konsentrasi penuh, terbukti lebih fokus dan waspada. Namun ada baiknya untuk memilih jenis permen karet dengan kandungan gula yang sedikit.






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons