Kamis, 16 Februari 2012

Kulit Sehat

Warna kulit yang putih sudah pasti didambakan setiap insan wanita. Betapa tidak, dengan  warna kulit favorit ini memudahkan kesempatan mengenakan trend pakaian dan aksesoris lainnya. Namun jangan berbangga hati dulu jika hanya memiliki kulit putih. Agar tampil sempurna kulit yang kita miliki itu haruslah sehat. Kulit putih belum jaminan kulit yang sehat. Intinya kita tidaklah harus mengkondisikan warna dasar kulit yang kita miliki menjadi putih. Kalau dari gennya sudah berwarna sawo matang atau hitam manis toh juga merupakan kulit yang sempurna jika dijaga kesehatannya.Kulit sehat sebenarnya cerminan kondisi tubuh yang sehat. Sebaliknya, kulit kusam kurang bercahaya bisa menjadi indikasi tubuh tidak dalam keadaan fit. 

Kulit sehat tidak hanya memerlukan perawatan dari luar tetapi juga asupan nutrisi dari makanan. Berikut beberapa makanan dan kandungan nutrisi yang bisa membantu Anda mendapatkan kulit sehat dan cerah. 

Air
Air berguna untuk menjaga kelembaban kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu sel menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu, air juga memperlancar aliran darah, menjaga kulit tetap bercahaya. 

Selenium
Selenium merupakan mineral yang membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas. Selain itu, mineral ini juga berfungsi mencegah kanker. Selenium kita peroleh dari makanan berprotein tinggi seperti kacang brazil, jamur kancing, udang, daging domba, ikan cod, tuna, salmon, daging sapi, kerang, sarden, kepiting.

CoQ10 (Coenzyme Q10)
Coenzyme ini melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. CoQ10 merupakan antioksidan kuat yang secara alami diproduksi di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan ini berguna sebagai produksi energi dan fungsi sistem kekebalan tubuh. CoQ10 dapat kita peroleh dari oily fish seperti salmon dan tuna, daging organ seperti hati. 

Antioksidan 
Antioksidan mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan ini akan menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kering. Antioksidan bisa ditemukan dalam semua jenis makanan, khususnya buah dan sayuran berwarna seperti berries, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, cabai, kacang kedelai dan jeruk. 

Vitamin A 
Vitamin A berfungsi agar kulit cerah dan halus sehingga terjaga kelembagan lapisan kulit bawah.
Vitamin A kita peroleh dari buah jeruk, wortel atau blewa.  Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin A dari sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak seperti keju dan susu. 

Vitamin C
Vitamin C membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas umumnya merusak serat kulit seperti kolagen dan elastin. Vitamin ini bisa didapat dari paprika merah, buah sitrus, pepaya, kiwi, brokoli, dan sayuran hijau. 

Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan lain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin ini juga berperan sebagai antiperadangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa didapatkan dari minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, bayam, asparagus, dan sayuran hijau. 

Asam lemak esensial
Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 membantu memproduksi lapisan minyak pelindung alami kulit serta mencegah munculnya jerawat. Anda bisa mendapatkan lemak esensial ini dari minyak zaitun dan canola oil, biji rami, kenari, serta jenis ikan seperti salmon, sarden dan makarel. 

Minyak sehat
Minyak sehat dapat kita peroleh dari Virgin olive oil yang kandungan asam lemak lebih banyak dibandingkan jenis minyak komersial lainnya. Minyak ini membantu melembabkan kulit dan menjaga agar kulit terlihat dan terasa sehat. 

Milikilah kulit sehat dari sekarang....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons