Minggu, 12 Februari 2012

Gaya Hidup Sehat

Alamiahnya setiap orang pasti ingin menjalani kelangsungan hidupnya dengan baik. Maksudnya setiap rutinitas yang dilakukan dapat dikerjakan dengan lancar. Gimana sih cara menjalani rutinitas dengan baik itu? Salah satu syaratnya pastilah kondisi tubuh kita itu dalam keadaan sehat. Maaf ya, sekalipun kondisi tubuh kita (pembaca) ada yang kurang normal dari lahirnya, tapi maunya kita dapat melewati aktifitas kita itu dalam keadaan sehat. 
Berbicara tentang pola hidup sehat pastilah topik ini sering sekali kita dapatkan baik dari berbagai mass media elektronik maupun surat kabar. Tidak kalah  menariknya kalau kita juga dapat info sehat dari pengalaman orang orang terdekat kita mulai dari sanak saudara, teman teman atau tetangga. 

Berikut beberapa faktor yang mendukung terciptanya pola hidup sehat:

  1. Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan  lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik
  2. Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.
  3. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.
  4. Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.
  5. Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. 
  6. Berolah raga secara teratur
Sebagian orang menganggap penting berolahraga, hingga selalu menyediakan banyak waktu untuk berolahraga setiap minggunya. Sebagian lagi kadang berolahraga jika sempat, kadang malah kelupaan jika berada dalam kesibukan yang panjang. Alasan ini seringkali dialami oleh seorang ibu rumah tangga yang tersita  waktunya dalam mengurus keperluan rumah tangga sehari hari. Sedangkan sebagian lagi malas, padahal berolahraga dan menggerakkan anggota tubuh secara rutin akan menyebabkan terjadinya pembakaran kalori dan juga membuat tubuh menjadi kuat.

Berikut ini ada beberapa aktifitas yg dianggap sambil berolah ragasehari-hari, khususya bagi ibu yang merangkap pekerja kantoran:
  • Lakukan sit-up di depan televisi
  • Berjalan kakilah selama jam makan siang
  • Cucilah mobil dengan tangan
  • Parkirlah kendaraan Anda lebih jauh dari toko agar ada kesempatan berjalan kaki
  • Berolahraga dalam ruangan jika cuaca di luar ruangan sedang buruk
  • Jika kantor Anda terletak di lantai yang mudah dijangkau, maka pilihlah tangga daripada eskalator
  • Berjalanlah ke meja rekan kerja jika ada keperluan, daripada mengirimkan chatting
  • Berjalan kakilah saat jam istirahat, daripada minum kopi dan merokok
  • Ajaklah teman-teman atau keluarga berolahraga bersama

Pembaca yang terkasih, berbicara tentang pola hidup sehat tidak hanya memfokuskan pada sumber makanan sehat, namun kita harus menyeimbangkannya juga dengan kebiasaan sehat dalam menjalani kehidupan serta tidak kalah penting adalah kepemilikan pola pikir positif. Manusia yang memandang kehidupan dengan lebih optimis, diyakini sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan yang pada akhirnya membebaskan mereka dari beban pikiran yang mungkin dialaminya sehingga mampu menghindarkan penyakit yang biasanya juga disebabkan oleh munculnya beban pikiran, stres, dan kecemasaan dalam kehidupan mereka.

Mari hidup sehat........

1 komentar:

dienblog mengatakan...

Go Blog 2012

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons